Road to LCQ VCT Pacific 2023: ZETA Division


ZETA Division, sebuah organisasi asal Jepang yang tergabung dalam partnership league Riot Games. Untuk divisi valorant sendiri, mereka awalnya merekrut anggota dari Absolute Jupiter. Setelah kegagalan mereka di Masters Berlin 2021, mereka memutuskan untuk melakukan rombak besar-besaran, mengambil pemain-pemain dari NTH dan Reject seperti Dep, Tennn, dan Sugarzer0 serta mempertahankan beberapa anggota seperti Laz dan Crow. Setelah itu ZETA Division sendiri meraih pencapaian tertinggi mereka dikancah internasional dengan berakhir diposisi ketiga. Perjalanan penuh keajaiban mereka menjadi sorotan dunia kala itu.

Sumber: flickr.com/photos/vctpacific/albums

Walaupun ZETA meraih hasil yang kurang memuaskan disisa tahun 2022, mereka tetap mempertahankan pemain-pemain mereka memasuki tahun 2023 dengan tambahan Barce sebagai pemain cadangan mereka. Anggota dari ZETA Division sendiri terdiri dari Laz, Crow, Dep, Tennn, Sugarzer0, dan Barce sebagai pemain cadangan, serta staff kepelatihan yaitu XQQ, Junior, dan gya9.

Sumber: vlr.gg/event/1191/champions-tour-2023-pacific-league

ZETA Division sendiri mengakhiri liga pada posisi ke-4 dengan rekor 5 kali menang dan 4 kali kalah. Setiap pertandingan yang mereka jalankan sangatlah ketat. Walaupun demikian, mereka masih mampu meraih kemenangan demi kemenangan. Penggemar seperti mengalami serangan jantung disetiap minggunya saat menonton ZETA Division.

Sumber: flickr.com/photos/vctpacific/albums

Namun sangat disayangkan, perjalanan ZETA Division di VCT Pacific League 2023 terhenti dibabak playoff. Mereka pulang lebih awal dan gagal tampil pada Masters Tokyo, turnamen internasional yang diadakan di rumah mereka sendiri. Kesalahan-kesalahan kecil berujung kegagalan ini menjadi pukulan tersendiri untuk mereka.

Sumber: youtube.com/watch?v=pEwUeAiSpA0

ZETA Division akan mencoba peruntungan mereka sekali lagi melalui babak Last Chance Qualifier (LCQ) pada tanggal 20 Juli 2023. Waktu yang cukup panjang setelah kegagalan mereka dibabak playoff bisa menjadi persiapan yang matang, terkhusus untuk attacking side mereka yang menjadi pekerjaan rumah sejak awal tahun. Apakah mereka bisa kembali bangkit? Apakah mereka bisa memperbaiki strategi penyerangan mereka? Apakah ada kejutan yang mereka siapkan? Menarik untuk dinanti.

ZETA Division sendiri memiliki gaya permainan yang serupa dengan tim asal Jepang lainnya, yaitu bermain sangat lambat. Terkadang juga mereka mengandalkan bacaan yang sangat akurat sehingga mereka dapat melakukan counter-strat. Salah satu map terkuat mereka adalah Lotus dengan persentase kemenangan 63%.

Disisi lain, Ascent dan Pearl menjadi map terlemah mereka. Fun fact: Ascent menjadi map yang paling sering dimainkan oleh ZETA Division sepanjang musim walaupun membawa hasil yang kurang memuaskan yaitu dengan persentase kemenangan 38%.

Seperti yang tadi disebut, Pearl menjadi salah satu map terlemah mereka. Mereka mencatatkan rekor cukup buruk dengan persentase kemenangan 0%. Masalah yang terdapat pada ZETA Division umumnya ada di attacker side mereka. Bermain terlalu pasif dan tak memiliki arah pasti adalah salah satunya. Hal tersebut yang membuat mereka sangat mengandalkan defender side mereka untuk meraup poin dengan banyak.

Dengan permainan yang terkadang meragukan, ZETA Division tetap membawa kemenangan yang cukup banyak dengan entah bagaimana caranya. Hal ini terlihat pada rekor per map mereka dengan 11 kemenangan dan juga 12 kekalahan serta selisih ronde mereka yang cukup rendah yaitu -9. Walaupun begitu, mereka tetap berakhir diposisi yang cukup tinggi, yaitu peringkat ke-4 dengan rekor 5 kemenangan dan 4 kekalahan.

Sumber: flickr.com/photos/vctpacific/albums

Mereka memiliki waktu yang cukup panjang untuk mempersiapkan strategi dan juga memperbaiki kesalahan-kesalahan mereka. ZETA Division akan kembali bertanding di Last Chance Qualifier pada tanggal 20 Juli 2023 pukul 15.00 WIB menghadapi lawan yang cukup tangguh yaitu Rex Regum Qeon. Semua mata akan kembali tertuju kepada mereka, akankah mereka akan kembali ke panggung internasional, menebus kegagalan mereka untuk bermain di negara mereka sendiri? Good Luck and Have Fun on Last Chance Qualifier, ZETA Division !
.
.
.
Semoga blognya bermanfaat yah! Jika ingin menunjukan apresiasi, kalian bisa share blog ini serta jika bisa,dapat melalui donasi pada link teer.id/dejayel :v

Comments

Popular Posts