Berapakah ukuran penyimpanan smartphone yang pas di tahun 2018?


         Halo teman-teman, kembali lagi di blog kami.Kali ini saya akan membahas mengenai memori internal smartphone.Di tahun 2018, siapa sih yang gak butuh smartphone.Smartphone saat ini hadir dengan berbagai ukuran dan spesifikasi.Lantas, berapakah penyimpanan internal yang pas untuk tahun 2018?

          Mengutip dari pengalaman pribadi, saya menggunakan smartphone Samsung Galaxy A5 2017 dengan memory internal sebesar 32 GB.Memory 32 GB sehingga yang tertulis di sistem sebesat 23.5 GB.Jika dilihat sesaat memang besar namun sebagai seorang pelajar, saya menggunakan smartphone untuk melakukan segala sesuatu mulai dari baca pdf, edit foto, edit video, bermain game, sosial media, dll.Sampai tidak dirasa smartphone saya pernah nge crash dan restart sendiri karena memory internal yang tersisa tinggal 90 Mb.Dengan terpaksa saya menghapus beberapa aplikasi yang sebenarnya cukup penting seperti Dumpster (recycle bin versi android) yang memang mengisi kapasitas hingga 6 GB.Kejadian ini cukup risih sehingga mau tidak mau kita harus menghapusnya.Lantas, berapakah memory internal yang pas untuk dipakai?

          Sebagai seorang pelajar yang menggunakan smartphone untuk melakukan banyak aktivitas, saya merekomendasikan memory internal 64 Gb untuk tahun 2018 ini.Ini untuk pelajar seperti saya lho ya.Karena saya mendownload banyak aplikasi untuk mengerjakan tugas-tugas saya dan aplikasi tidak bisa disimpan di micro sd.Tidak perlu smartphone flagship untuk mendapatkan smartphone dengan penyimpanan 64 Gb.Cukup smartphone seperti Xiaomi redmi note 5 atau Zenfone max pro m1.
          Lain lagi dengan orang tua yang keperluannya hanya untuk buka facebook, Whatsapp ataupun menyimpan foto dan video di galeri.Menurut saya smartphone dengan memory interal sebesar 16/32 Gb sudah cukup karena foto dan video bisa disimpan di dalam micro sd.

          Kesimpulannya, keperluan memory internal tergantung bagaimana anda menggunakan smartphone anda.Jika anda suka bermain game, makan anda boleh membeli smartphone dengan penyimpanan yang besar.Jika anda pakai smartphone untuk sosial media saja, saya kira tidak perlu penyimpanan yang besar.

          Sekian artikel saya sampai jumpa dan terima kasih :)

Comments

Popular Posts