sejarah vending machine, warung otomatis


Mesin jual otomatis/Vending machine adalah mesin yang dapat mengeluarkan barang-barang seperti makanan ringanminuman ringan seperti minuman sodaalkoholrokoktiket lotre, produk konsumen dan bahkan emas dan permata untuk pelanggan secara otomatis. Layaknya penjual asli, mesin ini akan mengeluarkan barang yang kita inginkan setelah kita membayarnya dengan cara memasukkan sejumlah koin maupun uang kertas.

Pada zaman Yunani kuno, terdapat sebuah vending machine yang didirikan di kuil Mesir untuk mengeluarkan air suci. Alat tersebut merupakan mahakarya Hero of Alexandria, seorang matematikawan dan insinyur Yunani.

Mesin penjual otomatis modern pertama diperkenalkan di LondonInggris pada awal 1880-an, yaitu mesin penjual kartu pos otomatis. Pada 1888, Thomas Adams Gum Company memperkenalkan vending machine pertama ke Amerika Serikat. Mesin yang menjual permen karet Tutti-Fruiti tersebut dipasang di kereta bawah tanah di New York City dan dijual.

Pada tahun 1897 ketika Perusahaan Manufaktur Pulver menambahkan angka kecil di sekitar mesin, yang akan bergerak setiap kali seseorang membeli permen karet dari mesin mereka. Gagasan ini melahirkan mesin penjual otomatis jenis baru yang dikenal sebagai "perdagangan stimulator" dan kelahiran mesin slot serta mesin pinball pertama berakar pada perangkat ini. Ide menambahkan permainan pada mesin ini adalah untuk menaikkan insentifitas pembeli.



Hingga kini vending machine terus berkembang di seluruh dunia terutama negara Jepang. Sekarang ini banyak vending machine yang menjual beraneka ragam barang, mulai dari barang kecil seperti makanan ringan hingga barang besar seperti mobil yang mulai dikembangkan. Proses pembayaranpun bisa melalui kartu kredit ataupun kartu khusus yang dibuat oleh perusahaan vending machine.

Comments

Popular Posts