Sang Garuda yang Terlupakan


Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan keberagamannya.Tertanam pula ideologi yang mengajarkan untuk saling menghargai,menjunjung tinggi keadilan,serta rasa kemanusiaan yang tinggi.Ideologi ini lahir dari pancasila dan tertanam dari masa ke masa.Seharusnya hal ini membuat bangsa kita besar,makmur dan kembali berjaya seperti masa kerajaan Majapahit.

Namun,mengapa bangsa ini semakin terpuruk ?

Tidak bisa dipungkiri lagi jika bangsa ini semakin menunjukan keterpurukannya.Mulai dari segi ekonomi,politik,sosial,hingga moral anak bangsa itu sendiri.Pengaruh globalisasi hanyalah satu dari banyaknya penyebab keterpurukan ini.

Apa sumber utama dari keterpurukan ini ?

Hukum yang lemah ? Saya rasa negara ini sudah memiliki hukum yang cukup kuat.Bahkan,akan sangat kuat dan tegas jikalau tidak adanya HAM.

Penegakan hukum ? Sifat masyarakat lebih mementingkan diri sendiri menyebabkan pelanggaran semakin banyak,namun ketika hukum ingin ditegakan,masyarakat tersebut malah memberontak,seolah-olah mereka benar.

Salah presiden ? Hanya orang bodoh yang menyalahkan kinerja presiden tanpa sadar melihat perubahan apa yang sudah mereka lakukan.

Fanatisme yang tinggi,masyarakat yang selalu mencari kesempurnaan,malas dalam berkarya,tidak mengapresiasi kerja keras orang lain,terlalu rakus,dan tentunya memudarnya nilai pancasila itu sendiri.

Ideologi pancasila pada awalnya diciptakan untuk menjadi dasar dan tuntunan hidup masyarakat Indonesia.Namun Ideologi ini hanya akan bertahan pada mereka yang baik.Sifat alami manusia yang mudah terbawa arus menyebabkan insting mereka aktif untuk beradaptasi.Bukannya tetap menerapkan ideologi ini melainkan mengabaikannya dan mengikuti ideologi-ideologi lain.

Manusia selalu punya sifat dasar untuk mencari aman.Lebih jelasnya,mereka lebih takut jika terlalu lama mempercayai ideologi pancasila karena takut tergerus oleh mereka-mereka yang kejam diluar sana,tidak memperdulikan kemanusiaan demi jalan pintas mencapai kasta tertinggi.

Karena kerakusan dan ketakutan serta keharusan untuk bertahan hidup,ideologi ini mulai ditinggalkan karena ideologi ini terlalu "baik" dan tidak cocok untuk pengaruh global yang kuat.Ideologi semakin ditekankan kepada generasi penerus untuk mencegah keterpurukan yang semakin parah,namun nyatanya sudah terlambat.

Mereka sudah teracuni dan tidak akan memperdulikan bangsa ini,segera meninggalkan semuanya dan memilih negara lain yang lebih baik.Jepang dengan budayanya serta bangsa eropa dengan budayanya membuat bangsa ini melupakan identitas sang garuda.

Sang garuda hanya bisa diam meratapi rusaknya generasi yang tumbuh dibawah ideologi bangsa lain dan akan semakin terlupakan sehingga suatu saat nanti.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
Sekian pembahasan random saya yang acak-acakan dan tidak jelas :v

Ini hanya sedikit pelampiasan emosi untuk mereka yang sudah mengabaikan ideologi pancasila.

Terima kasih sudah membaca,tinggalkan komentar kalian,dan yang terpenting,semoga berfaedah !!!!
.
.
.
.
.
(Keep support my another blog :  cerpensayasendiri.blogspot.com ,blog berisikan cerpen yang merupakan buatan saya sendiri :v)

Comments

Popular Posts